Cara Agar Tidak Hamil Setelah Berhubungan Intim Saat Masa Subur

Cara Agar Tidak Hamil Setelah Berhubungan Intim Saat Masa Subur

Mencegah kehamilan biasanya dilakukan agar anak memiliki jarak usia yang ideal. Cara agar tidak hamil pun memerlukan perencanaan. Anda dan pasangan harus menerapkan cara mencegah kehamilan tersebut. Berikut cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim di masa subur.

Menghindari Penetrasi

Cara mencegah kehamilan yang paling aman adalah dengan menghindari penetrasi. Cara ini juga dinilai aman untuk menghindari terjadinya penyakit menular di bagian intim. Tidak melakukan penetrasi saat Anda dan pasnagan melakukan hubungan intim bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan juga alasan tertentu.

Tidak melakukan penetrasi merupakan cara agar tidak hamil yang paling aman untuk Anda dan psangan lakukan dan tentunya juga cara yang paling murah. Anda juga tidak akan mendapatkan efek samping yang berbahaya secara medis.

Gunakan Spons Kontrasepsi

Spons kontrasepsi memiliki bentuk seperti donat kecil yang didalamnya telah terisi spermisida. Alat ini diletakkan di dalam alat reproduksi wanita pada sepanjang leher rahim. Jika Anda meletakkan dengan benar, spons ini tidak akan mengganggu bahkan Anda dan pasangan tidak akan merasakan keberadaan spons ini saat berhubungan suami istri.

Spons ini memang jarang dijumpai tidak seperti kondom yang mudah Anda temukan bahkan di minimarket. Harganya juga cukup mahal dan Anda harus berkonsultasi dnegan apoteker ketika memutuskan menggunakan spons ini sebagai alat kontrasepsi.

Pemasangan Kontrasepsi Diafragma

Cara mencegah kehamilan juga bisa dilakukan dengan melakukan pemasangan alat kontrasepsi diafragma. Alat ini bekerja dengan metode yang hampir mirip dengan spons kontrasepsi di atas. Hanya saja kontrasepsi diafragma terbuat dari bahan karet yang memiliki tekstur yang lebih fleksibel di bagian pinggirnya.

Kontrasepsi diafragma sendiri memiliki beberapa ukuran. Tulang panggul Anda akan diukur oleh dokter kemudian dibuatkan sesuai dengan ukuran panggul Anda tersebut. Alat ini dapat dikeluarkan paling tidak 6 jam setelah melakukan hubungan intim hingga 24 jam setelahnya.

Gunakan Kondom

Jika Anda memang harus melakukan hubungan suami istri di waktu subur maka gunakanlah pengaman seperti kondom. Kondom merupakan alat kontrasepsi yang mampu mencegah sperma masuk ke dalam uterus yang menyebabkan kehamilan.

Gunakan Pil KB

Pil KB memiliki fungsi untuk mencegah sel telur meninggalkan ovarium dan mengakibatkan lendir serviks menjadi lebih kental sehingga mencegah sperma menempuh sel telur. Ada beragam merek pil KB yang bisa Anda gunakan. Namun alangkah lebih baik jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pil KB.

Dokter nantinya akan meresepkan pil Kb yang paling baik untuk kesehatan Anda dan juga disesuaikan dengan kesibukan hubungan intim Anda dan pasangan. Pil KB harus Anda konsumsi pada jam yang sama setiap hari. Jika Anda melewatkan waktu konsumsi akan meningkatkan potensi kemungkinan terjadinya kehamilan.

Itulah cara agar tidak hamil setelah berhubungan intim saat masa subur yang bisa Anda jadikan solusi. Kunjungi situs Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5A45B7C622F1F